Ke Museum? Siapa Takut… #1 Museum Wayang

Hari Rabu kemarin tanpa sengaja gue nyasar ke Museum Wayang dan Museum Bank Indonesia. awalnya emang gak berniat buat kesana karena tujuan gue ke kota nemenin temen gue ngelamar kerja, iya temennnn…. sebut saja namanya Indah (emang nama aslinya itu WOY). Selesai dari situ kita jalan – jalan ke Kota Tua dan terdamparlah gue di Museum Wayang dan Museum Bank Indonesia.

Museum Wayang

waktu gue dan sama Indah lagi jalan di depan museum wayang, seorang bapak – bapak atau mas – mas ya, lupa gue manggil – manggil kita buat masuk kedalam museum itu. beginikah taktik mereka agar orang – orang mau mengunjungi museum? agak miris gue melihatnya.

karena Indah katanya belum pernah masuk ke museum itu alhasil gue menuruti kemauannya, sekalian gue juga mau refreshing setelah sebulan belakang ini gue disibukkan dengan magang di Puskompublik Kemenparekraf. lumayan refreshing sambil nambah ilmu pengetahuan kan.

Masuk museum wayang itu emang bayar, tapi bayarnya pun engga lebih dari harga sebuah ice cream. buat pelajar Rp. 2000, Mahasiswa Rp. 3000, dan untuk Umum Rp. 5000, gak mahal kan??
Awal masuk kedalam kita disuguhkan sama penampakan sepasang wayang cewe cowo. bagi yang datang sendirian disarankan untuk buat merem dulu, malu sama wayangnya. mereka aja punya pasanga situ ko mono. muehehe

didalamnya kita bakalan bisa lihat semua jenis wayang, mau wayang kulit, wajang orang, wayang buat masak gaada tapi (ITU WAJANNN) *krikkrikk…*

gue aja meskipun udah pernah ke museum wayang sebelumnya, masih terkagum – kagum, apalagi si Indah. “ihh bagus ya kaa” “ihh ada boneka si unyil juga disinii” “mau bawa pulang bonekanya, tapi pasti gaboleh”. omongan terakhir si Indah bikin gue jengkel. yaiyalah kalau semua pengunjung boleh pada bawa pulang, alhasil itu museum tutup. di museum wayang juga ada boneka – boneka dari berbagai negara lain seperti Perancis, Inggris, Rusia, dll. untung aja tuh anak ga ngerengek – ngerek minta bawa pulang boneka disitu.

Waktu gue sama Indah dimuseum wayang, hanya ada beberapa orang. bisa dihitung pake jari lah mungkin karena saat itu weekday kali ya. semoga aja emang begitu. salah satu dari pengunjungnya itu bule, entahlah gue ga nanyain itu bule dari mana yang jelas gue ngeliat bule tersebut begitu antusias melihat dan mendengar gombalan cerita dari guide disana.

Mungkin orang – orang banyak yang gatau kali ya kalau ada museum wayang disekitaran kota tua tersebut, yang banyak orang tau cuma museum Fatahillah. Nah udah baca postingan gue kan? jadi udah pada tau kan? lagian museum wayang itu letaknya ga jauh dari Museum Fatahillah kok, dari museum fatahillah sendiri juga keliatan museum wayang. pokonya deketlah.

Sekali lagi yang mau gue tegasin, di Kota Tua itu ga hanya buat tempat foto prawedding, ga hanya tempat keliling – keliling nyewa sepeda jadul, ga hanya tempat jajan es potong, kerak telor, ada banyak museum loh disana gak hanya museum fatahillah, ada museum wayang, museum Bank Indonesia, museum bank mandiri.

Banyak banget yang bisa kita dapat dari mengunjungi museum termasuk museum wayang karena wayang – wayang disana juga di lengkapi dengan penjelasannya serta ceritanya. jadi kita bisa tau wayang ini namanya, dab bagaimana ceritanya. tapi karena waktu itu gue udah punya janji sama teman gue yang lain (maklum artis sibukk) jadinya gue agak buru – buru dan ga sempat membaca banya serta mengabadikan foto – foto semuanya. Next time gue harus dan akan kesini lagi. mengunjungi museum itu menyenangkan ko…. dan yang paling penting…  JALAN – JALAN KEMUSEUM ITU GAK KUNO KO!!!

DSC03137
Wayang Aja Punya Pasangan, LO?
DSC03173
Alhamdulillah gue perginya ga sendiri..
DSC03138
Sepi Banget..
DSC03139

DSC03140

DSC03142
Kekecean Gue
DSC03143

DSC03145
Add caption
DSC03147

DSC03148

DSC03149

DSC03151

DSC03152

DSC03153
Boneka Unyil
DSC03154
Maisih boneka unyil
DSC03157
Silsilah Wayang Purwa
DSC03155
Si Gale - Gale dari Medan
DSC03158
Yailah Mba.. APA LIAT LIAT??
DSC03159
CUMA ADA GUE DISINI WOY!!!
DSC03160
Boneka Rusia
DSC03161
Boneka Polandia
DSC03162
Boneka Perancis
DSC03163
Boneka Inggris
DSC03164
Ini Lupa, dari Amerika Kayanya..
DSC03165
Wayang Si Unyil
DSC03170

DSC03172

Comments