Say Yes to “ PLN Bersih ”

Belakangan ini sedang gempar-gemparnya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menguak banyak kasus-kasus korupsi. Mulai dari kasus proyek hambalang, kasus impor daging sapi, simulator SIM sampai dengan yang paling heboh sekarang mengenai dinasti orang nomor satu di Tangerang. Jika kita melihat kinerja KPK, sungguh patut diacungi jempol. Masyarakat juga sangat mendukung setiap aksi KPK karena yang kita tahu bahwa kasus korupsi tentunya sangat merugikan negara.

Kira-kira ada nggak perusahaan yang mendukung Aksi Anti Korupsi, Cup?

Ada, salah satunya PT PLN (Persero) atau biasa kita kenal dengan PLN. Tau PLN donggg??

sumber : http://www.pln.co.id/

Perusahaan Listrik Negara (PLN) merupakan sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mengurusi semua aspek kelistrikan yang ada di Indonesia. PLN saat ini dipimpin oleh Nur Pamudji selaku Direktur Utama menggantikan posisi Dahlan Iskan yang diangkat menjadi Menteri BUMN.

PLN punya program Anti korupsi, Cup? Apaan?

Lah, Belum tau toh… iya PLN punya yang namanya sebuah program yaitu “PLN Bersih”. Program ini dalam rangka menegaskan komitmen dari PLN untuk menjalankan praktek penyelenggaraan perusahaan yang bersih dan bebas dari praktek korupsi, kolusi, dan nepotisme. Selain itu PLN juga ingin menegakkan Good Corporate Governance (GCG) yang tentunya anti korupsi dalam penyediaan tenaga listrik bagi masyarakat.
30102e40fa3d0a688780b091cab039eb_pln-bersih-transparan
Sumber : http://akudanpln.blogdetik.com/tentang-pln-bersih-2/

Sasaran utama dari program PLN Bersih ini yakni dari segi proses pengadaan barang dan jasa serta pelayanan kepada pelanggan karena kedua hal tersebut dinilai memiliki kesempatan besar terjadinya tindakan korupsi, suap, pungli dan lain sebagainya.

Apa saja yang sudah dilakukan oleh PLN dalam programnya ini, Cup?

banyak sekali yang sudah dilakukan oleh PLN dalam upaya pencegahan tindakan korupsi melalui program PLN Bersih ini, yakni :
  • Membuat sistem pelayanan yang transparan dengan meminimalkan pertemuan tatap muka pelanggan dengan pegawai PLN seperti : layanan pasang baru, tambah daya, pasang sementara secara online melalui website http://www.pln.co.id/pbpd/index.php
  • Melakukan perubahan aturan pengadaan barang dan jasa.
  • Membuat sistem penanganan keluhan pelanggan. seperti : Contact Center 123, Official Fans Page PT. PLN Persero dan twitter @pln_123
  • Membangun whistler blower system bagi karyawan.
  • Memudahkan karyawan yang ingin menyerahkan barang terindikasi gratifikasi.
  • Melakukan multi stakeholder forum (kemitraan PLN) dengan membuat komitmen dan deklarasi bersama untuk tidak melakukan tindakan korupsi dan suap.
Selain itu PLN juga mengadakan kerja sama dengan Transparency International Indonesia (TII) untuk mensupervisi program PLN Bersih ini. Tujuan diadakan kerjasama ini untuk lebih memastikan bahwasannya PLN dalam menjalankan usaha penyediaan listrik bagi masyarakat luas benar adanya serta sungguh-sungguh menerapkan praktek GCG dan anti korupsi.

Adakah peran masyarakat untuk bisa ikut menyukseskan program PLN Bersih ini nggak, Cup?

Tentu, Dalam program PLN Bersih ini terdapat 4 Pilar, yakni :
PITA

1. Partisipasi, partisipasi dari pegawai PLN dan seluruh stakeholder dalam berkomitmen, menjalankan, dan mendukung program PLN Bersih dengan baik.
2. Integritas, integritas dari pegawai dalam bekerja melayani masyarakat sangat penting artinya untuk membangun budaya PLN Bersih.
3. Transparasi, keterbukaan informasi dan sikap responsif terhadap permintaan informasi publik sangat menentukan dan penting dalam pembangunan budaya PLN Bersih.
4. Akuntabilitas, pilar ini menuntut pegawai PLN untuk selalu responsif terhadap setiap keluhan pelanggan dan juga mendukung implementasi wishtle blower system dan program pengendalian gratifikasi.

Dalam pilar pertama sudah disebutkan bahwa partisipasi dari pegawai PLN dan seluruh stakeholder. Stakeholder terbagi atas internal publik dan eksternal publik dan masyarakat masuk kedalam kategori eksternal publik dari PLN. Selain itu justru masyarakatlah yang paling sering menjadi korban pungutan liar oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab  sehingga dibutuhkan partisipasi dari masyarakat untuk turut serta mendukung program PLN Bersih ini.

Caranya? Masyarakat bisa melaporkan tindakan pungli ataupun korupsi dari oknum PLN baik ketika hendak melakukan pemasangan listrik, penambahan daya, dalan lain sebagainya. Untuk melaporkan tindakan tersebut PLN sudah memberikan wadah yang cukup seperti Contact Center, Official Fans Page maupun melalui twitter.

Selain itu masyarakat diharapkan tidak memberikan tips atau bentuk hadiah apapun kepada petugas PLN karena bisa disebut sebagai sebuah gratifikasi. Tidak bisa dipungkiri bahwasannya sudah menjadi satu kebiasaan dalam masyarakat untuk memberikan tips ataupun hadiah apapun namun sebaiknya kebiasaan ini harus mulai dihilangkan karena bisa berakibat buruk kedepannya.

Diharapkan masyarakat bisa berpartisipasi dengan baik dalam program PLN Bersih ini sehingga program ini bisa berjalan dengan sangat baik dan mampu mengurangi bahkan menghilangkan tindakan korupsi, suap, pungli, dan lain sebagainya.

Berbicara tentang masyarakat tentunya sangat luas. Mulai dari pekerja kantor sampai buruh disebut sebagai masyarakat. Penggila social media seperti facebook, twitter, blog juga merupakan masyarakat. Para penggila social media tentunya bisa mengajak teman-teman di social media mereka untuk ikut berpartisipasi dan mendukung program PLN Bersih dengan cara share tentang program PLN Bersih di media social masing-masing sehingga semakin banyak yang tau dan semakin banyak pula yang ikut mendukung.

Sebagai seorang blogger saya sangat mendukung program PLN Bersih ini karena program ini mampu memberantas kasus korupsi, suap, pungli dan sebagainya yang sangat sering terjadi di Indonesia. Kalau bukan kita yang mendukung program ini, siapa lagi?

untuk itu, saya sebagai blogger mengajak semua masyarakat dan semua Blogger Indonesia yang membaca postingan ini untuk bersama-sama mendukung program PLN Bersih ini. Kalau bukan kita yang mendukung program ini, siapa lagi? dan mari sama-sama kita menyuarakan “Say Yes to PLN Bersih”.


Postingan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog dengan tema " Blogger Dukung PLN Bersih "

Comments

  1. Semoga PLN Bersih bukan cuma sekadar omong kosong atau jargon asal aja ya, Bang. Semoga bisa ada bukti nyatanya haha.
    Goodluck buat lombanya semoga sukses :) Selamat juga jadi blogger of the month :))

    ReplyDelete
  2. lengkap banget...
    Sukses buat PLN,
    sukses juga buat ucup....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin Mas dodo.. makasih yaaa..
      sukses juga buat mas dodo :)

      Delete
  3. Semoga bukan cuma pln yang bersih. :))
    Good luck, Cup buat lombanya. Hoho.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya semoga bukan ya di.. semuanya bersih. aminnn

      makassih di, tapi gue udah kalah. heheheh :)

      Delete

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca. Silahkan memberikan komentar di Comment Box. Komentar kalian merupakan semangat bagi penulis :)