AKU, BUKU DAN KISAH DIBALIKNYA

“lo suka banget ya, Cup sama buku?”
“lo gak ngantuk baca buku setebal itu, Cup?”
“Lo jomblo udah berapa tahun, Cup?”

Waktu gue masih kerja jadi manusia headset gue suka banget bawa buku ke kantor. Diwaktu senggang gue suka baca buku, kadang malah sambil kerja gue baca buku dan hasilnya gue beberapa kali salah manggil nama nasabah karena fokus gue ke buku bukan ke nasabah hehe. Pertanyaan-pertanyaan diatas sering banget ditanyain teman-teman gue baik teman kampus atau teman kantor karena kemana-mana selalu bawa dan baca buku. Tapi sekarang ah sudahlah, gue selalu berusaha buat bisa nyempetin baca buku di weekend. Karena pulang kantor suka ketiduran dan ketidurannya sampe pagi. It was amazing lah.

Cerita dikit boleh?

Gue adalah anak kampung yang tinggal jauh dari ibukota bahkan dari Provinsi nya sendiri. Gue tinggal di Sungai Penuh atau orang lebih kenal dengan Kerinci sebuah Kabupaten yang terkenal karena memiliki gunung tertinggi di Asia Tenggara. Ya, Gunung Kerinci. Untuk bisa kesini dari ibukota kalian bisa menempuh perjalanan dengan jalur udara ke Jambi selama 1 jam dilanjutkan dengan jalur darat selamat 9 – 12 Jam. Atau jalur udara ke Padang 1 jam 45 menit dan dilanjutkan jalur darat 6-8 jam. haha gimana?

Waktu gue ceritakan tempat tinggal gue ke teman-teman banyak yang cuma bisa geleng-geleng kepala. Makanya gue gak pernah pulang kampung kalau cuma libur 3 atau 4 hari karena cuma bikin cape badan aja dan nguras isi dompet. Biasanya gue pulang kampung pas lebaran. Eh balik ke topik
Gue suka baca buku sejak kecil, biasanya gue baca buku-buku di perpustakaan sekolah yang lebih sering terkunci daripada buka nya. Atau gue baca buku dirumah tetangga yang memang memiliki banyak majalah bobo. Itupun biasanya musti ngintilin abang gue yang main kerumah tetangga karena tetangga gue seumuran si abang.

Gue bukan berasal dari keluarga kaya raya yang mana orang tua bisa memberikan apapun yang gue minta. Selain itu bokap nyokap gue bukan tipe orang tua yang tiap ada edisi bobo terbaru akan membawakan majalah itu kerumah. Kadang gue suka iri mendengar cerita teman-teman yang selalu berlangganan majalah bobo waktu kecil. Tapi itu udah cerita lama banget. Toh waktu itu gue masih bisa baca majalah bobo meskipun dirumah tetangga.

Gue juga gak pernah tau ada yang namanya Gramedia karena tempat itu gak ada didaerah rumah gue hanya ada di Provinsi Jambi dan Padang. Sampai dengan lulus SMA mungkin bisa dihitung dengan jari gue ke Padang atau Jambi. Itupun juga biasanya bukan untuk liburan tapi untuk menghadiri pesta keluarga dan paling mentok ke mall cuma main di timezone, itupun bahagianya udah luar biasa.

Makanya waktu pertama kali ke Jakarta dan gue ke Gramedia senangnya minta ampun. Semacam baru menemukan apa yang gue cari selama ini. Bagi gue Gramedia itu syurga, gue bisa berlama-lama disana entah untuk membaca buku-buku yang sudah terbuka atau cuma sekedar jalan-jalan mengelilingi rak demi rak untuk membaca judul-judul buku yang di display.

Jujur saja gue lebih nyaman ke gramedia sendiri atau dengan teman yang juga pecinta buku karena kalau dengan teman yang gak suka buku bentar-bentar bilang “udahan yuk, bosen, laper, capek berdiri atau alasan yang apalah”. Me time gue lebih sering gue habiskan di gramedia. Syurgaaaaaaaaaaaaaa

Gue suka banget baca buku dan gue cinta banget sama buku. Gue kalau udah baca buku akan lupa sama hal-hal disekitar gue, lupa kalau belum makan, lupa kalau belum mandi, lupa kalau belum punya pacar oh oke BYE…

Sekarang gue di Jakarta tinggal sama kaka gue, awal-awal si kaka suka banget ngomel-ngomel kalau gue udah baca buku soalnya kalau disuruh makan gak pernah nyaut. Tapi makin lama dia makin tau gue dan gak pernah ngomel lagi. Toh kalau lapar gue bakalan makan tanpa harus disuruh.

Gue cinta banget sama buku dan gue ngerawat buku-buku yang gue punya dengan cukup baik. tapi kalau udah ada acara keluarga dirumah udah deh buku-buku gue mulai gak aman keberadaannya karena sodara-sodara biasanya nyomotin tu buku dan baca dengan beringasnya. Maksud beringas disini mereka baca buku sambil buku gue ditekuk terus bolak-balikin halaman dengan kasar. WOY GUE AJA YANG PUNYA TU BUKU GAK PERNAH NGELAKUIN ITU. gue cuma bisa sabar sambil bilangin baik-baik. kalau udah ada kata pinjam gue langsung dengan tegas bilang “NGGAK” bodo amat dengan memelas kaya apapun tetap kata “nggak” yang keluar dari mulut gue.

Gue emang gak pernah mau meminjamkan buku-buku gue. Bodo amat dibilangin pelit atau apalah sama teman-teman dan sodara sendiri yang penting buku-buku gue aman sentosa di raknya. Baca buku depan congor gue aja begitu apalagi baca buku dirumahnya, lagian udah pernah beberapa kejadian yang mana buku gue gak dibalikin  lah, dibalikin dalam keadaan mengenaskan yakni halamannya rontok-rontok, atau kotor yang jelas tidak seperti saat dipinjam.

Yang paling parah dan masih selalu gue ingat. Buku perahu kertas gue dibalikin dalam keadaan gak berbentuk sama sekali dan tanpa dosa si peminjam bilang gini “Cup, maaf ya bukunya jadi gini soalnya kemaren hujan deres terus gue pulang ke kosan nutupin kepala pake buku lo ini biar gak keujanan”

Gue emosi jiwa liat buku gue udah gak jelas bentuknya. Pengen banget gue teriakin “HEH MONYET LO PUNYA OTAK GAK SIH? ITU BUKU GUE DAN DENGAN SEENAK JIDATNYA LO JADIIN BUKU GUE SEBAGAI PAYUNG PAS LO KEHUJANAN. TERUS SEKARANG LO KAYA GAK PUNYA DOSA GITU NGEMBALIIN BUKU GUE ITU. SONO LO GANTIIN LALA TELETUBIES AJA GIH.

Tapi gue cuma bisa bilang “buat lo aja bukunya” dengan muka judes biar orangnya ngerti dan mau ganti buku gue tapi orangnya gak pernah sadar sampai sekarang. Sejak saat itu gue gak pernah mau minjamin buku gue ke siapapun. Orang gak akan mengerti akan apa yang kita miliki sampai mereka sendiri yang memilikinya. Sama kaya cinta, orang gak akan mengerti apa itu cinta sampai mereka merasakannya sendiri. Eh ini ngapa jadi ngaur yah.

Yaudah gue mau jawab dulu pertanyaan diatas

Pertanyaan Pertama gue jawab “SUKA BANGET”

Pertanyaan kedua gue jawab “GAK SAMA SEKALI, malah kalau ceritanya menarik gue gak berenti baca sampai menamatkanya dan bakal sering ulang-ulang baca”


Pertanyaan ketiga eh udah dulu yah si kaka udah teriak-teriak suruh makan. BYE!!!

masih dikit banget bukunya, kak.

Comments

  1. i feel u broh....

    gw juga punya koleksi manga conan yg gw kumpulin seri nya dari no 1 sampe terbaru... gara2 gw pinjemin... jadi ga lengkap karna ada yg balik ada yg kaga... sejak itu gw dah males beli buku lagi... wkwkwk....

    emang alesan aja sih, abis skrg dah mahal2... wkwkwk....

    smoga lo bisa terusin koleksi buku sampe kek perpustakaan banyak nya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah males beli bukum yaudah beli buku aja kasih ke gue om. Haha


      Iya mau bikin perpustakaan ish. Doakan yahh

      Delete
  2. Yuk lah bang bikin proposal ke Allah, pengadaan surga baru untuk di akherat. Namanya Gramedia~~
    Uwuwuwuwuwu

    Aku juga ga pernah dibeliin majalah Bobo, alhasil dari kecil bacanya majalah Umi, majalah yang mama beli. ;(
    Alhamdulillah Mama lumayan hobi baca, jadi banyak buku, walaupun buku-buku tuntunan menjadi muslimah yg baik, mendidik anak balita dengan baik, serta sunnah-sunnah Rasul, buku fiqih, dll. Masa kecilku kuhabiska membaca buku-buku berat. ;')

    Aku juga suka beli buku, rasanya baca buku itu warbyasahlah, kalo dikasi liburan seminggu disuruh nginep di villa pinggir pantai Bali sama nginep di Gramedia, aku sepertinya milih option kedua.

    Daaan, aku juga tukang minjem dan minjemin buku sih, tapi kalo buku bagus mending beli sendiri daripada pinjem. hampir setengah koleksi buku ku sekarang sedang melalang buwana dipinjem temen entah dimana. Yaaa agak kesel sih kalo buku yang dipinjem balik dengan keadaan ada lukanya. tapi yaaa namanya juga dipinjem orang, Resiko. Biar buku yang aku beli ada manfaatnya aja buat oranglain. Dan seneng aja, kalo orang yang pinjem buku itu seneng baca ceritanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dibaaaa kamu orang baik nakkk, kerennnn....

      Roby. Keselek apa kamu, nak??

      Delete
  3. waduh.. ternyata bang ucup ini orang kincai ya? hahaha.. aku pernah ke kirinci cup 2011 dalam rangka main2 aja hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuihhh pernah ke kerinci tohh. Gimana?? Keren kannn...

      Delete
  4. Gue baru suka baca 3 tahun ini. Padahal waktu kecil suka banget baca koran TopSkor. Hahaha, makanya gue lumayan nyambung kalo bahas bola. Tapi sayang banget, bang, kalo liat fenomena akhir-akhir ini. Udah jarang yang suka baca buku. Lebih suka nonton vlog. :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak koo yang suka baca buku. Lo aja yg ga tau kalih. Buktinya banyak komunitas pecinta buku. Gak tau yaaa?? Haha..

      Gpp vlog jg bagus koo

      Delete
  5. kak ucup kalo emosi serem juga yaa hahaa, tapi gue jadi salut karena kak ucup cinta banget sama bukunya :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Engga ko di engga itu dalam hati doang. Aslinya mahh kalem. Wkwkw

      Delete
  6. Buku-buku kesayangan gue udah mulai gue sampulin pake sampul plastik biar aman dari jamahan tangan-tangan jahil!

    Iya cup mereka memang gak peri kebukuan seenak jidatnya aja ngerusakin buku orang, kita sebagai ownernya aja haram buat ngelipet halamannya eh ini malah dijadiin payung! Duuh nasib nasib

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama pir. Gue juga mengamankan buku buku gue skrg dari jangkauan tangan tangan tak baik

      Delete
  7. Wah. Menemukan sesama pecinta buku itu sama asiknya kaya nemuin buku langka. Gua jg sering ke gramed sendirian. Soalnya temen2 gua jarang yg suka baca buku dan bakal cpt bosen di sana. Sedangkan gua? Bisa tahan berdiri berjam2 utk baca novel. Ya, tak modal memang. Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaaaa kalo gak punya duit mah numpang baca doang. Haha yang jelas mah baca bukuuu

      Delete
  8. Bisa dibilang nerd ya kamu bang :D Aku malah telat nih suka bukunya :D tahun 2013 baru bener-bener suka baca buku dan menulis :D alhasil, koleksi bukuku belum seberapa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya feb nerd abis mah aku ini.semangat feb koleksi buki bukunya..

      Delete
  9. Hahaha! jika menemukan sesama pencinta buku pasti sangat menarik..

    ReplyDelete
  10. Banyak banget bukunya, kayak list kreditan gua tiap bulan bang hahahaha

    ReplyDelete
  11. wkwkwk sama gue juga suka emosi kalo buku yang gue pinjem kenapa2. yang sering sih komik gue di pinjem, eh pas balik udah kelipet-lipet kan anying (︶へ︶ メ)

    ReplyDelete
  12. Kok aku ikutan kesel sih ngebayangin buku perahu kertas yang dipake buat nutupin kepala pas hujan hujanan :(
    Sepele banget sama buku huuuhhu

    Fix lah, kayak aku banget bang. Aku betah berjam-jam ngelilingin gramedia, sampe karyawannya ganti shift, aku masih aja setia ngiterin rak buku. Hahahaa
    Koleksi bukunya udah banyak bang. Ntaps :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sabar bukk sabarr udah lama itu udah lama...

      Toss deh kalo kita samaan *toss*

      Delete
  13. wow infonya menarik kak.. kalau ingin tahu tentang cara membuat toko online yukk disini saja.. terimakasih..

    ReplyDelete
  14. Gw punya banyak banget buku. Tapi pas gw tinggal kuliah bukunya menghilang entah kemana T_T

    Sekarang sih udah kerja, bisa beli banyak buku lagi. Bener banget tuh yang pinjem bacanya pake dilipet seenak jidat. Hello gw aja bacanya ati-ati biar gak ketekuk, lah ini bisa baca buku ditekuk-tekuk. Rasanya pengen gw tekuk-tekuk mukanya. *murka*

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayang banget bukunya menghilang ish..
      hahah iya mangat ya jaga bukunyaa..

      Delete
  15. Yapps... Ikut seneng aja masih ada banyak orang yg suka baca buku..

    Lah gue malah, beli beberapa buku.. Belum kelar baca.. Udah beli lagi.. Sampe sekarang belum dibaca..

    Lanjut ah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama gue jg banyak buku yang masih disampul plastik gramednya hehe..

      Delete
  16. Keren, semalas2nya membaca, membaca itu penting. kita jadi tahu apa yg sblmnya tdk tahu..
    Btw, salam kenal bang, kunjungan perdana nih :)

    ReplyDelete
  17. Gue mendadak jadi suks buku sejak buka blog loe Cup

    salam kenal dr blogger ala2

    ReplyDelete
    Replies
    1. segitunya bud...

      salam kenal juga budi travelligAddict...

      Delete
  18. Wah lama-lama kau bisa buka perpustakan pribadi juga ya sob :-D Lanjutkan :-)

    salam..

    ReplyDelete
  19. BHAHAHAHANJERR DISURUH GANTIIN LALA TELETUBBIES. Kenapa gak Tinki Winki aja sih biar ungu-ungu kayak bukunya Tere Liye. :((

    Gue, kok, gak dapet sedihnya ya pas buku lo dijadiin payung sama temen lo Bang.
    Entah karena gue bahagia diatas penderitaan lo atau keinget lu yang pecicilannya pas ketemu gimana. Hih :(

    Uwuwuw tayang. Kita punya hobi yang sama mulu yeaaayyy!! Sama-sama suka ngemilin es batu, sama sama suka baca buku, dan apa sih yang satunya lagi gue lupa. Muahahaha.

    KANGEN WOI DITELFON GAPERNAH DIANGKAT!

    ReplyDelete
  20. eh iya mas kenapa kok orang yang suka baca buku mesti dikiranya jomblo ga laku laku?
    berkunjung https://explcode.wordpress.com/

    ReplyDelete
  21. Pengalaman meminjami buku:
    1. Tidak kembali
    2. Kembali dengan mengenaskan
    3. Dipinjamkan lagi ketemennya temen yang minjam
    4. Dari poin ketiga tinggal diulang lagi ke poin sebelumnya

    ReplyDelete
  22. duh kebalikan bgt bang, aku mlh gasuka baca buku lebih suka baca berita deh daripada baca buku seobrak hehe. Bantu view dan likenya ya, makasihh https://youtu.be/kIRmXleH_FU

    ReplyDelete
  23. kisahnya sama ama gue, gue ini pecinta musik, gue ngoleksi kaset pita asliyang berpajak dan masih terawat sampai sekarang meski sudah tergerus zaman. tapi setiap kaset ane beli dengan kisah tersendiri dan di tempat yang berbeda, bahkan saking langkanya gue harus jauh2 dari kota asal ke jogja demi dapetin kaset seharga 25rb, mahalan ongkos ke jogjanya dibanding kasetnya (dulu), tapi namanya suka dan hobi apa mau dikata,,,,,ya ga bang

    main2 ya ke www.alfanismail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. betull syekalii alfan..keren banget ishh koleksiannya...

      Delete
  24. bau gramedia emang khas. apalagi bau bukunya. Behh enyaaakkk!
    gue juga suka baca buku, sampe kepengen bikin perpustakaan sendiri. tapi sayang bukunya masih sedikit. banyakan punya lu cup.
    hehehe...

    Btw Salam Kenal Ucup :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mangats terus ngumpulinnya yaaa..

      salam kenal jugaaaaaaaaa....

      Delete

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca. Silahkan memberikan komentar di Comment Box. Komentar kalian merupakan semangat bagi penulis :)